Sumber
: http://autobild.co.id/read/2013/05/21/7800/48/14/Posisi-Basah
|
NISSAN Teana 250 XV
|
HYUNDAI
Sonata2.4 A/T
|
TOYOTA Camry 2.5 V A/T
|
MAZDA 6 2.5 A/T
|
Harga
|
Rp 501,45 juta
|
Rp449,5 juta
|
Rp 520,9 juta
|
Rp 535 juta
|
Mesin/kapasitas
|
V6/2.496cc
|
4inline/2.359 cc
|
4inline/2.494 cc
|
4 inline/2.488 cc
|
Tenaga maksimum
|
182dk/6.000 rpm
|
178 dk/6.000 rpm
|
181dk/6.000 rpm
|
192 dk /6.500 rpm
|
Torsi maksimum
|
228Nm/4.400 rpm
|
230 Nm/4.000 rpm
|
230Nm/4.000 rpm
|
256 Nm/3.250rpm
|
Transmisi
|
CVT/FWD
|
6-speedauto/FWD
|
6-speedauto/FWD
|
6-speed auto/FWD
|
Panjang/wheelbase
|
4.850mm/2.775 mm
|
4.820 mm/2.795 mm
|
4.825mm/2.775 mm
|
4.865 mm /2.830 mm
|
Lebar/tinggi
|
1.795mm/1.485 mm
|
1.830 mm/1.470 mm
|
1.825mm/1.470 mm
|
1.840 mm/1.450 mm
|
Kapasitas tangki/ban serep
|
70 liter/full size
|
70liter/full size
|
70liter/full size
|
62liter/space saver
|
Ground clearance
|
145mm
|
N/A
|
160mm
|
135 mm
|
Ukuran ban
|
215/55R17
|
N/A
|
215/55R17
|
225/45 R19
|
Bobot
|
1.545kg
|
1.505 kg
|
1.475kg
|
1.628 kg
|
PERFORMA
|
||||
0-100 km/jam
|
8,7detik
|
9,4detik
|
9,5 detik
|
8,5detik
|
0-60 km/jam
|
4,1detik
|
4,5detik
|
4,4 detik
|
4,0detik
|
60-80 km/jam
|
1,8detik*
|
2,1 detik *
|
2,41 detik*
|
2,2detik
|
80-100 km/jam
|
2,2detik*
|
2,8 detik *
|
2,73 detik*
|
2,3detik
|
100-120 km/jam
|
4,7detik*
|
3,4 detik*
|
3,60 detik*
|
3,5detik
|
100 km/jam
|
1.900rpm
|
N/A
|
2.300rpm
|
1.700 rpm
|
Pengereman 100-0 km/jam
|
46meter
|
44,9meter
|
47,1meter
|
40,6 meter
|
Konsumsi bbm tol/dalam kota
|
12,5/7,3km/l
|
13,7/8,6 km/l
|
16,7/8,5km/l
|
17,9/10,8 km/l
|
Teknologi
|
TransmisiCVT
|
EPS, CVTC
|
Dual VVT-I
|
SKYACTIV
|
*kickdown
|
||||
FITUR
|
||||
Airbag/ABS/EBD/BA
|
8/ada/ada/ada
|
8/ada/ada/ada
|
2/ada/ada/ada
|
4/ada/ada/ada
|
Kontrol traksi/ESP
|
Ada/ada
|
ada/ada
|
tidak/tidak
|
ada/ada
|
AC climatecontrol/dualzone/double
blower
|
Ada/ada/tidak
|
ada/tidak/tidak
|
ada/ada/ada
|
ada/ada/tidak
|
CD/MP3/DVD player/cupholder
|
Ada/ada/tidak/4
|
ada/ada/tidak/6
|
ada/ada/ada/?
|
ada/ada/ada/6
|
Monitor/USB/Aux-In
|
Tidak/ada/ada
|
ada/ada/ada
|
ada/ada/ada
|
ada/ada/ada
|
Tombol audiosetir/cruise control
|
Ada/ada
|
ada/tidak
|
ada/ada
|
ada/ada
|
MID/voice command
|
Ada/tidak
|
ada/tidak
|
ada/tidak
|
ada/tidak
|
Jokelektrik/heater/ECO Mode
|
Ada/tidak/tidak
|
ada/tidak/tidak
|
ada/tidak/tidak
|
ada/tidak/tidak
|
Launchcontrol/suspension control
|
Tidak/tidak
|
tidak/tidak
|
tidak/tidak
|
tidak/tidak
|
Keylessentry/alarm/smart
key/immobilizer
|
Ada/ada/ada/ada
|
ada/ada/ada/ada
|
tidak/ada/ada/ada
|
ada/ada/ada/ada
|
Setir adjustablereach/rake
|
Ada/ada
|
Ada/ada
|
Ada/ada
|
Ada/ada
|
Headlamp
projector/autolevelling/HID
|
Ada/ada/ada
|
ada/tidak/ada
|
ada/tidak/tidak
|
ada/tidak/ada
|
Spion/pelipatelektrik/foglamp
|
Ada/ada/ada
|
ada/ada/ada
|
ada/ada/ada
|
ada/ada/ada
|
Kamera parkir/sensorparkir/hujan/lampu
|
Tidak/ada/ada/tidak
|
tidak/ada/tidak/tidak
|
tidak/ada/tidak/ada
|
ada/ada/ada/ada
|
Autodoor-lock/sunroof/pelek
|
Ada/ada/17 inci
|
ada/tidak/17 inci
|
ada/tidak/17inci
|
tidak/ada/19 inci
|
Rating Auto Bild
|
||||
Mesin/Performa
|
* * * *
|
* * * *
|
* * * *
|
* * * * *
|
Kenyamanan
|
* * * * *
|
* * *
|
* * * *
|
* * *
|
Fitur
|
* * * *
|
* * *
|
* * * *
|
* * * * *
|
Fun to drive
|
* * *
|
* * *
|
* * * *
|
* * * * *
|
Value for money
|
* * *
|
* * * *
|
* * *
|
* * * *
|
Tabel Penilaian
|
Mazda6
|
Teana
|
Sonata
|
Camry
|
Harga*
|
6
|
7
|
9
|
7
|
Performa
|
9
|
8
|
7
|
7
|
Pengendalian
|
9
|
6
|
7
|
7
|
Desain eksterior *
|
9
|
7
|
8
|
7
|
Desain interior
|
8
|
7
|
8
|
6
|
Fitur *
|
9
|
8
|
6
|
8
|
Kenyamanan *
|
7
|
9
|
7
|
8
|
Kepraktisan
|
7
|
7
|
7
|
8
|
Akomodasi *
|
8
|
8
|
7
|
8
|
Fun To Drive
|
9
|
7
|
6
|
8
|
KESIMPULAN
Hyundai Sonata tampil sangat baik. Meski ia kalah di tes kali ini, tapi selisih angkanya hanya terpaut tipis dengan Teana maupun Camry. Padahal dari segi harga ia jauh lebih murah. Mobil ini sangat layak dibeli karena harganya. Camry juga bukannya buruk. Ia mampu memadukan kenyamanan penumpang belakang dan keasyikan mengemudi. Sayang ia sedikit terganjal desain tak menggugah serta harga agak tinggi. Sedangkan Teana sangat kuat memberi karakter kenyamanan, dan rasanya seperti limusin. Walau tak begitu asyik dikemudikan, mobil ini akan sangat membuai saat ditumpangi. Apalagi mesin V6-nya juga halus dan sangat bertenaga. Posisi pemenang tes kali ini mutlak diraih Mazda6. Desainnya sangat modern dan didukung pula oleh teknologi dan fitur terkini. Kualitas berkendaranya sangat hebat, bahkan bisa disetarakan dengan merek premium Eropa. Wajar kalau Mazda menganggap mobil ini sebagai alternatif sedan premium dengan harga lebih terjangkau. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar