Cukup menjadi pertanyaan lantaran nama yang disematkan pada Mazda Biante terbaru ini tak mengusung embel-embel Granz. Tapi kami cukup mengerti bahwa Mazda Motor Indonesia (MMI) tengah membangun image SKYACTIV di seluruh lini produknya. Sejak CX-5 diperkenalkan, lalu menyusul Mazda6 dan kini Biante mendapat sentuhan teknologi SKYACTIV.
Sekilas, kami sulit untuk membedakan Biante SKYACTIV dengan pendahulunya. Tapi saat menilik lebih detail, barulah ditemukan bahwa perubahan terjadi pada dimensi gril depan yang kini lebih besar. Cukup logis bila mengingat bahwa teknologi SKYACTIV yang menyematkan perbandingan kompresi hingga 13:1 tentu memerlukan pasokan udara segar yang lebih banyak untuk menjaga suhu mesinnya.
Sentuhan krom pada bagian gril kian membuat MPV Boxy ini terlihat elegan tanpa mengurang kesan sporty yang menjadi ciri Mazda. Apalagi desain foglamp turut disesuaikan agar terlihat harmonis.
Satu yang menarik dari tampilan Biante adalah penyematan warna hitam di pilar yang memberi kesan atap terlihat melayang. Terlihat tanpa pilar dari depan sampai belakang, kian mempertegas kesan futuristik pada Biante. Apalagi di bagian roda, mazda menggunakan pelek aluminium ring 16 dengan desain palang lima baru.
Sudah puas melihat bagian luar, kini giliran kita melihat interior. Ketika membuka pintu kita pun disambut dengan jok kulit berwarna beige yang sangat menawan. Tidak hanya itu tentunya dengan dimensi tidak sebesar rivalnya, tetapi Biante SKYACTIV memberikan nuansa kelapangan pada kabinnya.
Ketika menaikinya, aura kemewahan pun terasa sangat erat pada Mazda Biante SKYACTIV. Visibilitas yang tinggi hingga pada baris ketiga memberikan kenyamanan pada pengendara dan penumpang. Tapi sayangnya head rest pengendara yang terlalu ke belakang membuat ergonomis tereduksi tentunya.
Begitu juga dengan sedikitnya ruang penyimpanan tertutupnya yang tersedia, cukup menyulitkan kita ketika hendak menaruh barang-barang. Selain itu ketika kita menoleh kebelakang pun visibilitasnya terganggu karena adanya head rest pada baris ketiga yang cukup besar. Tentunya plus minus, bisa dipastikan Mazda Biante SKYACTIV memberikan kenyamanan pada penumpangnya juga.
First drive pun langsung dilakukan. Benar saja kekurangan yang ada terbayar semua dengan kenyamanan yang ditawarkan atas kelembutan dan halusnya transmisi perpindahan gigi dengan mode manual via paddle sift. Bantingan suspensinya terasa empuk tanpa ada hentakan saat melewati jalan berlubang.
Kini Mazda Biante SKYACTIV pun menyediakan MID, tentunya kita bisa lebih mengetahui segala informasi mengenai konsumsi bahan bakar dan total jarak perjalanan. Tidak hanya kenyamanan, keamanan pun disertakan dengan adanya auto central lock.
Tentunya semakin penasaran ketika merasakan mobil ini di jalan, tak sabar ingin mengetahui apa yang diisi oleh Mazda pada ruang dapur pacunya. Seketika membuka kap mesin langsung disapa dengan asen SKYACTIV pada mesin Mazda Biante. Semua perkiraan pun kian terjawab.
Menggunakan mesin 1.997 cc SKYACTIV 16 katup bertenaga 151 dk, tentunya untuk masalah konsumsi bahan bakar bisa lebih irit pastinya. Benar saja ketika diajak berakselerasi mobil ini cukup responsif untuk mobil sekelas MPV Boxy.
Mazda pun menyajikan hanya satu tipe untuk Biante SKYACTIV yang ditawarkan dengan harga Rp 398 juta. Hal itu berarti lebih tinggi Rp 16 juta dari Mazda Biante bermesin konvensional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar